Jangan pernah lelah mencintai negri ini
Menjaga Batas
Melayani Negeri
Community Protector
Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami
previous arrow
next arrow
Shadow
Slider
Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Makassar membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Info Terkini

Jumat, 16 Oktober 2020

MAKASSAR (14/10) - Bea Cukai Makassar melepas 9 Punggawa hebat BC Makassar. sesuai dengan...

Selanjutnya.....

Rabu, 14 Oktober 2020

MAKASSAR (14/10) - Dalam rangka hari ulang tahun PT Meratus Line ke 63, PT. Meratus Line melalui...

Selanjutnya.....

Rabu, 14 Oktober 2020

MAKASSAR (13/10) - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai instansi vertikal Kementerian...

Selanjutnya.....

Rebranding Motto dan Logo Bea Cukai Makassar


Berdasarkan KEP-324/WBC.17/KPP.MP.01/2018 tanggal 21 Desember 2018 tentang Motto dan Logo Maraga Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Makassar.

Menetapkan nilai dan filosofi yang terkandung dalam motto “MARAGA” sebagai acuan seluruh pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean B Makassar dalam mengabdi, bekerja dan bersikap.

Motto Bea Cukai Makassar

Maraga adalah permainan dan olah raga sekaligus kesenian tradisional asal Bugis-Makassar, Sulawesi Selatan yang merupakan sebuah atraksi unjuk kebolehan dalam memainkan bola rotan. Maraga dimainkan secara beregu dengan jumlah minimal 6 (enam) orang pa’raga. Dalam permainan, bola dipantul-pantulkan menggunakan kaki, kepala dan tangan secara bergantian antar pemain dengan berbagai posisi dan formasi pa’raga. Salah satu formasi wajib yang biasa dimainkan yaitu formasi menara yang terbentuk dari tumpukan para pa’raga yang berdiri di atas bahu pa’raga lainnya hingga berbentuk seperti menara. Maraga selalu dimainkan dengan diiringi musik dari tabuhan gendang, gong dan calong-calong (alat musik dari bambu dimainkan dengan cara dipukul menggunakan potongan kayu).

Adapun nilai dan filosofi tersebut sebagai berikut:
1. Kompetensi
Seorang pa’raga harus memiliki keahlian karena permainan ini menuntut keahlian yang tinggi dan konsistensi sehingga tidak menjatuhkan bola rotan.

2. Kolaborasi
keindahan dari permainan ini adalah adanya kolaborasi yang baik antar pa’raga sehingga permainan dapat terus berlangsung dan mencapai tujuannya.

3. Harmoni
pa’raga memainkan bola rotan seirama dengan iringan musik dan gerakan pemain selalu kompak bersama dan saling mendukung satu sama lain.

4. Komitmen
seorang pa’raga harus memiliki komitmen atau kesungguhan hati untuk memainkan permainan ini sesuai dengan syarat dan aturan yang telah ditentukan dan melaksanakan bagiannya dengan baik.

Pelaksanaan nilai-nilai sebagaimana dimaksud diwujudkan dalam kaidah sebagai berikut:
1. Kompetensi
Selalu meningkatkan kompetensi diri dan menggunakan keahliannya dalam melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin.

2. Kolaborasi
Dapat bekerja sama dalam tim untuk mencapai tujuan bersama.

3. Harmoni
Kompak dan saling mendukung dalam bekerja ke arah yang lebih baik.

4. Komitmen
Bersungguh sungguh dalam melaksanakan tugas dan komitmen untuk menjaga integritas.

 

Logo Bea Cukai Makassar


 

 

Tags:

Maraga

Ma’raga atau A’raga adalah permainan ketangkasan dengan menggunakan bola dari anyaman rotan yang disebut dengan raga. Mengandung nilai & filisofi yang sesuai dengan KPPBC TMP B Makassar yaitu Kompetensi, Komitmen Kolaborasi dan Harmoni yang sesuai dengan nilai & filosofi

Please publish modules in offcanvas position.