Jangan pernah lelah mencintai negri ini
Menjaga Batas
Melayani Negeri
Community Protector
Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami
previous arrow
next arrow
Shadow
Slider
Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Makassar membangun Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)

Latihan Gabungan - Simulasi Force Down

MAKASSAR (10/06) Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan bersama Bea Cukai Makassar turut serta dalam latihan gabungan simulasi force down atau pemaksaan mendarat pesawat asing yang masuk ke wilayah Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh TNI AU di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.
Keikutsertaan Bea Cukai dalam latihan gabungan ini karena perannya sebagai community protector yaitu menjaga dan melindungi negara dari masuknya barang-barang yang tidak memenuhi ketentuan Undang-Undang Kepabeanan.
Latihan bersama ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (PKB) tentang Penanganan Pesawat Udara Asing Setelah Pemaksaan Mendarat (force down) yang melibatkan dua belas kementerian/lembaga (K/L).
Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengatakan "pengamanan udara sudah dilakukan namun rumit sekarang, tidak bisa hanya satu institusi yang namanya TNI AU, perlu ada Bea Cukai, Perhubungan, semuanya," ujarnya.
"Maka perlu pelatihan (simulasi) agar kita bisa memastikan, jika ada pesawat asing melanggar teritorial maka bisa dipaksa turun, tentu dengan prosedur yang tepat dan terukur," lanjutnya.
"Dengan sosialisasi bersama, juga diharapkan ada sinergi antara unit kerja antar lembaga baik secara horizontal dan vertikal pusat dan daerah," jelasnya.

Maraga

Ma’raga atau A’raga adalah permainan ketangkasan dengan menggunakan bola dari anyaman rotan yang disebut dengan raga. Mengandung nilai & filisofi yang sesuai dengan KPPBC TMP B Makassar yaitu Kompetensi, Komitmen Kolaborasi dan Harmoni yang sesuai dengan nilai & filosofi

Please publish modules in offcanvas position.