Bea Cukai Kawal Pelepasan Ekspor Direct Flight Makassar-Hongkong

Makassar (31/10)–Bea Cukai Makassar menghadiri kegiatan pelepasan Ekspor Direct Flight Makassar-Hongkong melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada Sabtu, 30 Oktober 2021.
Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi dan koordinasi antara Bea Cukai dengan instansi terkait lainnya serta para pelaku usaha ekspor.
“Dengan adanya fasilitas ekspor Direct Flight Makassar tujuan Hongkong ini kedepan tidak ada lagi ekspor tujuan Hongkong yang dilakukan secara Indirect (transit) melalui wilayah lain, sehingga pada penerbangan langsung berikutnya kita sudah dapat meningkatkan volume cargo ekspor baik dari produk sektor Industri, Perikanan, Pertanian dan produk UMKM lainnya”, jelas Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.
Pelepasan ekspor komoditas Sulawesi Selatan yang di ekspor tujuan Hongkong ini berupa Ikan Segar dan Ikan Hidup, dengan volume 11 Ton dan nilai US$. 176.056 atau setara dengan Rp. 2,5 Milyar. Adapun pelaku usaha ekspornya adalah CV. Yhuga Abadi Jaya, CV. Aquamarindo Pratama, CV. Marine Jaya, CV. Karya Sejahtera, PT. Indojaya Marina, CV. Makassar Bahari Lestari, CV. Safwa Bahari, CV. Budu Jaya, CV. Rezki Abadi.
Diharapkan dengan adanya ekspor langsung melalui udara dari Makassar tujuan Hongkong ini, dapat meningkatkan konektivitas akses pasar ekspor Sulawesi Selatan, mengurangi biaya dan waktu tempuh ke negara tujuan ekspor, sehingga dapat meningkatkan daya saing produk ekspor Sulawesi Selatan di pasar Internasional.