previous arrow
next arrow
Shadow
Slider
Bea Cukai Makassar membangun Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), menolak gratifikasi dalam bentuk apapun

Info Terkini

Kamis, 20 Januari 2022

Makassar (20/01), Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung program...

Selanjutnya.....

Kamis, 20 Januari 2022

MAKASSAR (20/01) - Kampanye Gempur Rokok Ilegal, di awal tahun 2022 Bea Cukai Makassar menggelar...

Selanjutnya.....

Senin, 10 Januari 2022

Makassar (10/01)- Dalam rangka mendorong peningkatan ekspor dan program Pemulihan Ekonomi...

Selanjutnya.....

Bea Cukai Makassar Musnahkan Barang Ilegal Senilai Rp. 4.429.140.269

Makassar - Tindak lanjut atas Barang Milik Negara yang telah ditetapkan statusnya untuk dimusnahkan, pada hari Kamis 18 Nopember 2021, secara simbolis di lapangan Kantor Bea Cukai Makassar bersamaan dengan pemusnahan seluruhnya di Lahan milik PT. Katingan Timber Celebes pun dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Pemusnahan Barang Milik Negara berupa eks hasil penindakan dari kegiatan kepabeanan dan cukai di wilayah pengawasan Bea Cukai Makassar serta barang bukti tindak pidana di Bidang Cukai merupakan wujud nyata peran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam mengawasi dan menekan peredaran barang-barang illegal yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan, perekonomian negara dan kesehatan masyarakat serta menjaga industri dalam negeri agar tetap kondusif.
Dalam sambutan pembukaanya, Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono menjelaskan bahwa dengan pelaksanaan kegiatan pemusnahan pagi ini, merupakan bukti sinergi, koordinasi, dan kolaborasi baik yang dilakukan oleh Bea Cukai Makassar dengan Instansi Pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah, dimana dengan sinergi ini diharapkan bisa menjadi pesan positif ke masyarakat luas yang berkegiatan di bidang kepabeanan dan cukai sekaligus dapat memberikan efek jera bagi pelaku pelanggaran untuk mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Adapun rincian barang-barang yang di musnahkan , merupakan barang hasil tegahan Kantor Bea Cukai Makassar untuk periode
Februari 2020 s.d. September 2021 dimana kebanyakan asal barang merupakan barang kiriman Pos Lalu Bea di Kantor Pos Daya, serta tegahan atas Barang kena cukai yg telah mendapat penetapan sebagai Barang Milik Negara dan telah mendapat persetujuan untuk di musnahkan.
Untuk rincian barang yang dimusnahkan antara lain terdiri dari 4.238.500 (empat juta dua ratus tiga puluh delapan ribu lima ratus) batang rokok berbagai merk, 632 (enam ratus tiga puluh dua) Paket barang kiriman, serta hasil penegahan barang larangan dan pembatasan berupa Sex Toys, Bibit Tanaman, Part Senjata, Obat-obatan dan lain sebagainya.
Dengan perkiaraan nilai barang sebesar Rp. 4,429,140,269,- (empat miliyar empat ratus dua puluh sembilan seratus empat puluh ribu dua ratus enam puluh sembilan rupiah) dan potensi kerugian negara sebesar Rp. 2,541,633,662,- (dua miliyar lima ratus empat puluh satu juta enam ratus tiga puluh tiga ribu enam ratus enam puluh dua rupiah).
Digelarnya acara pemusnahan ini, sangat jelas terlihat nyata sinergi antar instansi. "Kami Bea Cukai Makassar terus melakukan upaya masif untuk memastikan pelanggaran di Bidang Kepabeanan dan Cukai, kami pun berkomitmen untuk terus mengembangkan inovasi, strategi, dan upaya untuk menegakkan hukum dan mengamankan hak keuangan negara. Dalam rangka mewujudkan komitmen dan tanggung jawab tersebut , salah satu kegiatan yang dilakukan adalah penyelesaian barang hasil penindakan dengan proses pemusnahan"papar Andhi sambil menutup rangkaian acara.

Maraga

Ma’raga atau A’raga adalah permainan ketangkasan dengan menggunakan bola dari anyaman rotan yang disebut dengan raga. Mengandung nilai & filisofi yang sesuai dengan KPPBC TMP B Makassar yaitu Kompetensi, Komitmen Kolaborasi dan Harmoni yang sesuai dengan nilai & filosofi

Please publish modules in offcanvas position.